Blog Seputar Otomotif Terupdate Dan Terlengkap

Tips Aman Mengendarai Mobil dengan Anak

Mungkin mengejutkan mendengar bahwa salah satu penyebab utama kematian di kalangan anak-anak adalah cedera mobil. Hal ini sering terjadi karena orang tua tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Diperkirakan anak-anak di bawah 12 tahun yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 2015, 35% di antaranya tidak berada di tempat duduk pengaman atau menggunakan sabuk pengaman. Bagi orang tua, hanya sedikit pengetahuan yang bisa membantu keselamatan anak di dalam kendaraan.

Sayangnya, pengemudi yang mabuk adalah salah satu penyebab utama kematian penumpang anak, dan lebih dari 60% kematian ini berasal dari orang tua anak-anak yang sedang minum saat mereka mengemudi. Ketika orang tua mengendarai mobil dengan anak-anak mereka, lebih dari 60% tidak menahan atau menahan anak mereka dengan benar. Demi keselamatan anak-anak Anda, jangan pernah minum dan menyetir.

Juga ditemukan bahwa anak-anak belajar kebiasaan keselamatan mobil dari orang tua mereka. Hampir 40% anak-anak yang mengendarai kendaraan yang orang tua mereka tidak repot-repot mengenakan sabuk pengaman juga tidak memiliki sabuk pengaman. Cukup ajari anak-anak Anda untuk tidak pernah masuk mobil tanpa mengenakan sabuk pengaman mereka bisa menyelamatkan nyawa.

Masalah besar lainnya dengan keselamatan anak di mobil adalah mobil bekas yang tidak tepat, kursi booster dan sabuk pengaman. Saat menggunakan kursi mobil atau booster, sangat penting untuk membaca manual instruksi. Manual ini akan memberi orang tua rincian untuk pemasangan kursi yang benar ke dalam kendaraan dan penggunaannya dengan tepat, belum lagi usia dan ketinggian yang sesuai dimana kursi digunakan. Diperkirakan lebih dari 45% perangkat pengekangan anak biasa digunakan secara tidak benar oleh orang tua, sehingga mengurangi keefektifannya dan bahkan membuat anak tersebut membahayakan.

Faktanya adalah, penggunaan perangkat pengekang anak yang benar seperti kursi booster, jok mobil dan sabuk pengaman adalah cara # 1 untuk melindungi anak Anda dari luka fatal dan serius saat Anda mengemudi. Penggunaan kursi mobil yang tepat mengurangi risiko cedera dan kematian pada bayi lebih dari 70%. Untuk balita, usia 1 sampai 4 tahun, penggunaan kursi mobil usia yang tepat mengurangi risiko cedera hingga lebih dari 50%. Untuk anak yang lebih besar, usia 4 sampai 8 tahun, kursi booster telah terbukti mengurangi risiko cedera sebesar 45%, bila digunakan bersamaan dengan sabuk pengaman. Tentu saja, untuk anak-anak di atas usia 8 tahun dan remaja, penggunaan sabuk pengaman yang tepat mengurangi risiko cedera dan kematian di kendaraan sekitar setengahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *